Tren Teknologi yang Membentuk Transformasi Digital

Transformasi Digital menurut Constellation Research, memiliki arti “metodologi yang digunakan organisasi untuk melakukan transformasi dan menciptakan model bisnis dan budaya baru dengan teknologi digital.”

Dan model-model bisnis yang baru ini, menurut Pendiri dan Analis Utama Constellation Research Inc., Ray Wang, sedang menciptakan seorang pemenang yang menguasai keseluruhan pasar.

Pada sebuah webinar yang tersedia berdasarkan dari permintaan, Wang mencatat bahwa lebih dari separuh perusahaan dalam daftar Fortune 500 telah melakukan merger, diakuisisi, mengalami kebangkrutan atau menghilang dari daftar sejak tahun 2000. Dan, kebanyakan perubahan ini dapat dikaitkan dengan ada atau tidaknya model bisnis digital yang baru.

“Yang kami lihat dalam setiap industri,” ujar Wang, “bahwa para pemimpin digital menguasai 40-70% dari keseluruhan market share dan meraup 23-57% dari keuntungan. Di beberapa tempat, jika hanya ada satu atau dua pelaku bisnis besar, mereka meraup 77% dari keuntungan.

“Ini adalah sebuah perubahan besar di pasar.” Jika ingin bertahan dan tumbuh, Wang menyarankan, organisasi-organisasi harus mengubah model bisnis mereka untuk mengenali dan memerhatikan post-saleon-demand dan attention economy saat ini: bahwa yang terjadi setelah penjualan sama pentingnya dengan membuat penjualan; bahwa subscription model merupakan norma baru; bahwa menghemat waktu orang dan mendapatkan perhatian mereka akan menciptakan pemimpin-pemimpin baru.

Fokus terus-menerus terhadap kenyamanan dan engagement berlaku bukan hanya untuk pelanggan dan karyawan, namun juga untuk partner dan supplier. “Saat Anda menggabungkan keduanya”, ungkap Wang, “Anda sudah memiliki transformasi digital. Transformasi digital itu lebih dari pada sebuah proyek, juga lebih dari pada sekadar program. Transformasi digital adalah sesuatu yang terjadi secara konstan.”

Peran Teknologi dalam Transformasi Digital

 Jika kita melihat kembali definisi dari transformasi digital, yaitu “metodologi yang digunakan organisasi untuk melakukan transformasi dan menciptakan model bisnis dan budaya baru dengan teknologi digital”, Wang mencatat ada lima teknologi digital yang sudah menjadi dasar dari transformasi digital sejak tahun 1990, yaitu:

  • Mobile
  • Social
  • Cloud
  • Big Data
  • dan Unified Communications.

“Tren yang memiliki dampak terbesar terhadap transformasi digital saat ini adalah cloud karena menawarkan akses kemampuan tak terbatas,” ucap Wang. “Siapa saja atau setiap orang dapat mengakses bukan hanya informasi namun juga penyimpanan, bukan hanya kemampuan processing – sekarang ini kita semua memiliki akses terhadap semua teknologi di sekitar kita. Ketika Anda memiliki kebebasan akses, hal itu memberikan kesempatan luas untuk menciptakan model-model bisnis baru.”

Namun, jika melihat ke depan, keenam tren teknologi berikut ini yang akan memengaruhi shift berikutnya dalam cara kita meningkatkan customer experience, memperbaiki apa yang kita lakukan di tempat kerja, mengubah produk dan memanfaatkan mesin sesuai kebutuhan untuk augmented humanity:

  • IoT
  • 3D Printing
  • Augmented Reality/Virtual Reality
  • Robotics
  • Block Chain Technology
  • Artificial Intelligence/Cognitive.

Yang mana yang akan memiliki dampak terbesar terhadap bisnis-bisnis yang Anda? Wang meyakini bahwa Artificial Intelligence (AI)/Cognitive lah yang akan memberikan dampak terbesar. “Jika Anda berbicara dengan Cortana dan menggunakan percakapan sebagai bentuk layanan, Anda melihat rekomendasi bermunculan. Orang berbicara dengan ponsel mereka setiap hari. Orang berbicara dengan perangkat di rumah.

“Kemampuan tersebut belajar dari Anda – dan semua bagian pembelajaran sendiri dan pembelajaran mesin dari AI akan memberikan dampak bisnis terbesar di dalam setiap organisasi.”

Mana yang Lebih Penting: Model Bisnis atau Teknologi?

“Saat kita melihat transformasi digital, orang cenderung berpikir tentang teknologi,” ujar Wang, “namun sebenarnya yang penting adalah bagaimana Anda mengubah model bisnis Anda dan bagaimana Anda mengubah cara Anda mengikutsertakan para stakeholder.”

“Begitu Anda mendapatkan model bisnis yang tepat, Anda akan menemukan teknologi yang tepat untuk mendukung model bisnis Anda. Dan saat Anda menggabungkan keduanya, saat itulah Anda mengalami transformasi digital.”

(disadur : http://www.crmsoftware.co.id/index.php/blog/blog/134-6-tren-teknologi-yang-membentuk-transformasi-digital )