Kenapa Transformasi Digital Sangat Penting ?

Transformasi digital memiliki efek besar pada setiap perusahaan. Saat ini para pimpinan perusahaan semakin khawatir terhadap dampak digitalisasi. Hal ini berkaitan pada kemampuan mereka untuk memastikan relevansi bisnis perusahaan dan kontinuitas. Para CEO yang jeli saat ini akan memahami pergeseran seismik yang mulai terjadi di berbagai industri. Hal ini disebabkan para pesaing mereka telah mengadopsi Transformasi Digital yang berkelanjutan.

Para CEO mulai khawatir tentang dampak potensial Transformasi Digital terhadap bisnis mereka. Berikut apa yang mereka khawatirkan:

• Mengganggu model bisnis perusahaan mereka, sehingga membuat usaha mereka menjadi tertahan perkembangannya atau tidak relevan dengan kondisi saat ini.

• Memaksa mereka ke dalam mode “berkembang, bertahan, atau punah”.

• Memberikan pesaing mereka kemampuan untuk terus berinovasi dan menanggapi perubahan pasar lebih cepat dari pada perusahaan mereka sendiri.

• Memungkinkan pesaing merebut pangsa pasar dan secara berkelanjutan memberikan keunggulan kompetitif pada pesaing.

Kekhawatiran para pimpinan perusahaan ini cukup beralasan, karena Transformasi Digital menerjemahkan hasil bisnis pada dunia nyata.

Pada saat yang sama, perusahaan-perusahaan yang telah melakukan transformasi digital dan tetap melakukan improvisasi terus menerus memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Nilai pasar lebih tinggi 12% dari para pesaing mereka
  • Mendapat keuntungan 26% lebih banyak dari para pesaing mereka.

(Survey dari Capgemini Consulting dan MIT Center terhadap Digital Research).

Survey yang dilakukan konsultan kelas dunia tersebut bukan sekedar teori atau permainan di atas kertas. Di Indonesia, kami menemui salah satu perusahaan restoran yang berhasil meningkatkan keuntungan dengan rasio pembukaan cabang setahun sekali. Mereka dipandu oleh konsultan IT yang memahami kebutuhan bisnis mereka secara tepat, dan memiliki visi kedepan yang berstandar global. Silahkan lihat halaman Konsultan IT yang dapat anda percaya sebagai mitra Transformasi Digital yang berpengalaman dalam mengiringi pertumbuhan bisnis beberapa perusahaan di Indonesia dan di Amerika Serikat.

Dengan transformasi digital, mereka berhasil menerapkan standarisasi pada tiap aspek. Hasilnya, mereka mendapat peningkatan loyalitas pelanggan berdasar keunikan kompetitif yang berhasil di bangun.

Bagaimana Perusahaan Dapat Memanfaatkan Transformasi Digital?

Mengendalikan Transformasi Digital di sebuah perusahaan memang bukan perkara mudah. Para pemimpin perusahaan mencari cara untuk mengubah proses bisnis mereka dan mencapai hasil bisnis yang nyata. Namun, untuk melakukan hal ini, mereka membutuhkan bantuan dari para pemimpin IT yang dapat memberikan mereka solusi teknologi untuk mencapai hasil tersebut. Jadi, Bidang Usaha dan pimpinan IT harus bekerjasama untuk menciptakan lingkungan dan sumber daya untuk bisnis digital.

Para pemimpin perusahaan dan pimpinan IT sebetulnya memiliki fokus area yang sama. Para pemimpin tersebut secara bersama-sama bertanggung jawab untuk keberhasilan meningkatkan pengalaman pelanggan. Untuk sukses, mereka perlu untuk bersama-sama fokus pada bidang-bidang berikut:

  • Orang, Proses dan Budaya. Memberdayakan karyawan dengan keterampilan digital yang tepat, proses diperbarui dan penerapan budaya DevOps terhadap transformasi bisnis mereka.
  • Konsep Ulang Nilai. Mengikat investasi digital untuk nilai realisasi.
  • Data dan Analytics. Memperluas visibilitas lintas organisasi dan visibilitas pelanggan, baik historis maupun secara real-time.
  • Keamanan. Mengamankan segala sesuatu yang berhubungan dengan setiap transaksi, komunikasi, dan titik akhir di seluruh value chain.
  • Orkestrasi. Menumbuhkan / menyusutkan proses dan operasi on-demand.
  • Teknologi dan Arsitektur Data. Gunakan platform teknologi terintegrasi yang mencakup semua kebutuhan teknologi.

(disadur : https://id.linkedin.com/pulse/kenapa-transformasi-digital-sangat-penting-igen-z)