Hal Yang Dilakukan Untuk Membangun Corporate Culture di Era Digital

corporate culture

Tingkat keberhasilan pada setiap perusahaan sebagian besar ditentukan dari bagaimana performa karyawan itu bekerja. untuk mencapai tujuan yang telah di rencanakan, perusahaan harus dapat melakukan interaksi dengan seluruh karyawan, hal ini mengacu pada corporate culture yang tidak bisa di anggap remeh, untuk era digital saat ini perusahaan perlu mengimbangi antara nilai nilai corporate culture dengan proses berjalannya bisnis, karena kalau tidak ini bisa jadi salah satu faktor kegagalan untuk perushan itu sendiri, lalu hal seperti apa yang dapat membangun corporate culture di era digital saat ini ?

Menjaga komunikasi dengan baik

perkembangan di era digital ini berdampak banyak pada kita, salah satunya adalah kegiatan kita sehari hari tidak pernah lepas dari yang namanya internet dan gadget, kadang kita lebih fokus ke gadget ketimbang dengan orang yang ada di depan kita. Komunikasi tidak hanya obrolan antar karyawan, tetapi perusahaan juga harus mampu menyampaikan visi dan misinya. Dengan begitu, semua karyawan dapat berkontribusi dengan baik berdasarkan divisinya masing masing sehingga dapat tercipta kerjasama yang baik dalam mencapai tujuan perusahaan.

Beri kesempatan karyawan dalam menyampaikan sebuah gagasan

setiap karyawan pasti memiliki gagasan yang berbeda, terutama dalam menyelesaikan masalah mereka. akan lebih baik apabila perusahaan memberikan kesempatan pada mereka dalam menyampaikan gagasan. semakin banyak yang didengarkan aspirasinya, maka semakin baik juga kondisi corporate culture yang ada. dikarenakan banyaknya kepala yang harus disatukan pada sebuah perusahaan, kesempatan seperti ini malah akan menjadi peluang yang bagus dalam perkembangan bisnis dengan ide ide hebat dari para karyawan.

Meningkatkan keterlibatan karyawan

dengan adanya keterlibatan para karyawan di perusahaan, hal ini dapat membantu untuk terciptanya kekompakan dalam tim, selain itu rasa tanggung jawab, komitmen dan loyalitas mereka akan terus meningkat.

Mendengarkan keluhan dari karyawan

Menyatukan banyak kepala bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk merubah sikap dan prilaku seseorang, sehingga tak jarang sekali banyak terjadi perselisihan antara karyawan, oleh karena itu pihak HR harus senantiasa dapat menjadi seorang yang membantu dan mendengarkan keluhan karyawan, serta menemukan solusi atas permasalah yang mereka hadapi tanpa merugikan pihak manapun.

Bersikap terbuka kepada seluruh karyawan

Corporate culture yang baik tentunya harus di imbangi dengan transparasi dari pihak perusahaan itu sendiri, selain dapat meminimalisir terjadinya salah paham antara perusahaan dengan karyawan, keterbukaan ini dapat membantu perusahaan apabila sedang terjadi permasalahan, karyawan dapat membantu perusahaan dalam menemukan jalan keluar sebagai penyelesaian dari masalah tersebut.

Memberi penghargaan kepada karyawan yang berprestasi

sebenarnya, loyalitas dan tanggung jawab bisa saja terbentuk dengan sendirinya di dalam corporate culture, hal ini bisa di lakukan dengan memberikan penghargaan kepada karyawan atau tim yang berprestasi, selain memotivasinya itu juga berlaku untuk karyawan lain agar dapat ikut termotivasi.

(disadur dari : https://www.linovhr.com/tips-membangun-corporate-culture/)