Manfaat Sistem ERP Bagi Perusahaan

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dapat mendukung semua divisi yang ada pada suatu perusahaan beserta dengan semua fungsi yang ada pada perusahaan tersebut. Sistem ERP ini dapat melibatkan seluruh fungsi manajemen baik itu akuntansi, keuangan, produksi, penjualan, pembelian, produksi, gudang, dan sumber daya manusia.

Apa saja manfaatnya bagi perusahaan?

Kualitas dan efisiensi

Sistem ERP dapat menciptakan suatu kerangka kerja untuk mengintegrasikan dan meningkatkan proses bisnis pada internal perusahaan yang menghasilkan peningkatan signifikan dalam kualitas dan efisiensi layanan pelanggan, produksi dan distribusi.

Penurunan Biaya
Sistem ERP dapat menurun secara signifikan dalam biaya pemrosesan transaksi dan hardware, software, serta karyawan pendukung Teknologi Informasi, jika dibandingkan dengan sistem yang tidak terintegrasi yang digantikan oleh sistem ERP.

Pendukung keputusan
Sistem ERP dapat mempermudah tugas-tugas management sehari-hari dalam pengambilan keputusan dan melakukan fungsi management yang meliputi diantaranya di bidang perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pengendalian. Sistem ERP dapat memberikan informasi mengenai kinerja bisnis lintas fungsi yang sangat penting secara cepat untuk level managerial dan pengambil keputusan agar dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan secara tepat waktu pada lintas bisnis perusahaan

Kelincahan Perusahaan
Dalam mengimplementasikan sistem ERP kita dapat menghilangkan perbedaan budaya antar departemen, sehingga data dapat diintegrasikan. Dan menghilangkan dinding departemen dan fungsi berbagai proses bisnis, sistem informasi dan sumber daya informasi, sehingga menghasilkan struktur organisasi, tanggung jawab managerial dan peran kerja yang lebih fkeksibel, dan karenanya menghasilkan struktur organisasi dan tenaga kerja yang lebih lincah dan adaptif yang dapat dengan lebih mudah memanfaatkan berbagai peluang baru bisnis.

Sistem terintegrasi
Sistem ERP menawarkan sistem terintegrasi dalam perusahaan, sehingga proses dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien

Sistem ERP dapat memudahkan ekstraksi informasi
untuk menghasilkan analisa dan laporan mendukung perencanaan jangka panjang yang dapat dijadikan alat pengambilan keputusan sebagai decision support sistem.

Sistem ERP menghasilkan informasi
dari data masukan yang relevan untuk membuat perencanaan aktivitas antar departemen agar sumber daya dikelola dan dialokasikan secara efisien dan efektif misalnya perencanaan pembelian barang, perencanaan produksi dan perencanaan cash flow, perencanaan penjualan dan perencanaan biaya

Sistem ERP menciptakan struktur organisasi
yang ramping dan pembagian kerja yang tepat dengan menggunakan sistem yang terintegrasi untuk seluruh fungsi baik fungsi penjualan, pembelian, produksi dan keuangan sehingga dapat menghilangkan pekerjaan-pekerjaan rangkap dan menggunakan standarisasi data untuk seluruh departemen.

Sistem ERP menjamin seluruh aktivitas
dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan misalnya fungsi pembelian harus melalui perhitungan perencanaan kebutuhan barang setelah itu order pembelian kemudian penerimaan barang selanjutnya pengakuan hutang. Dengan demikian seluruh aktivitas dapat berjalan effisien dan efektif

Keunggulan system ERP :

  • Memiliki data integrasi yang baik dan konsistensi
  • Mengurangi biaya yang tidak perlu, seperti pengurangan biaya kertas
  • Meningkatkan cara kerja yang lebih efisiensi
  • Mengurangi pekerjaan yang double
  • Meningkatkan pengendalian dan meningkatkan informasi secara akurat
  • Mengurangi waktu pengerjaan
  • Meningkatkan koordinasi (cross fungsional)
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Memberikan cara analisis manajemen yang lebih baik dalam mendukung keputusan
  • Meningkatkan kinerja bisnis
  • Meningkatkan keuntungan secara maksimal bagi Perusahaan

Keterbatasan Sistem ERP :

  • Terjadinya perubahaan, yang otomatis akan terjadi suatu perlawanan dalam menjalankan system ERP ini
  • Pelatihan. Proses pelatihan terhadap penggunaan system baru akan menghabiskan waktu
  • Sistem ERP biasanya relatif memiliki harga yang mahal
  • Sistem ERP tidak userfriendly dan tidak mengatasi permasalahan terkait human error (kesalahan orang)