Manfaat Big Data Bagi Bisnis Di Indonesia

manfaat big data
Dalam beberapa tahun terakhir dunia membicarakan Big Data. Setiap orang dapat dipastikan pernah mendengar soal Big Data, tapi apakah mereka tahu manfaat Big Data untuk bisnisnya?
Saat ini Big data telah berperan penting dan meninggalkan jejaknya pada setiap industri, bahkan termasuk di antaranya industry pelayanan kesehatan, periklanan, marketing, retail, telekomunikasi, dan asuransi. Salah satu contoh dari hasil yang di dapatkan dari big data pada bisnis adalah untuk membuat perusahaan dalam mengetahui siapa pelanggannya dengan lebih baik – pastinya setiap perusahaan menginginkan  untuk mengetahui siapa yang membeli produknya dan digunakan untuk apa produk tersebut, dengan begitu perusahaan dapat mengetahui lebih banyak tentang pelanggan mereka dibanding sebelumnya. Semua data yang di terkumpul dari toko online, riwayat pembelian, dll dapat digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan setiap aspek operasional perusahaan.

Big Data lebih tentang kecepatan dari pada jumlah

Big data bukanlah semua tentang  bagaimana dalam memiliki informasi yang tak terbatas, melainkan lebih tentang mendapatkan informasi yang berkualitas dari waktu ke waktu secara signifikan terhadap suatu bisnis. Big data juga adalah tentang untuk mencari beberapa pertanyaan yang tepat untuk ditanyakan tentang bagaimana caranya untuk membuat suatu bisnis menjadi lebih baik dan bagaimana cara untuk memprediksi tren masa depan. Karena untuk suksesnya bisnis pada di zaman sekarang, perusahaan haruslah selalu mempunyai pandangan ke depan.
Semakin banyak yang anda ketahui tentang bisnis anda, akan semakin baik juga keputusan yang dapat anda ambil untuk bisnis anda dan dengan kata lain performa bisnis-pun akan semakin meningkat dari sebelumnya. Mungkin jika tanpa big data, anda tidak sepenuhnya mengingat siapa saja pelanggan anda, hanya sebagian saja yang ada ingat, tetapi anda tidak akan mengerti mengapa mereka bisa membeli barang yang anda jual, bahkan sampai berulang kali.

Penggunaan Big Data yang Tepat Guna

Big data merupakan suatu kekuatan di balik teknologi machine learning. Salah satu Industri saat ini yang menggunakan machine learning adalah industri di pelayanan kesehatan yang menggunakan algoritma machine learning  sebagai proses untuk mempercepat penemuan obat yang dibutuhkan dan meningkatkan akurasi sebuah prosedur di dunia medis. Di era saat ini, ada beberapa kegunaan dari big data untuk bisnis yang dapat diaplikasikan, diantaranya adalah:
1. Kenali pelanggan dengan lebih baik. Big data bisa membantu perusahaan untuk mengerti pilihan pelanggannya dengan lebih baik serta untuk memutuskan produk mana yang membutuhkan improvisasi. Banyak dari perusahaan yang berpikir bahwa mereka telah mengetahui bagaimana tindakan dan cara pikir dari mayoritas pelanggannya, namun dengan big data dapat menunjukkan apa yang pelanggan mereka lakukan. Contohnya yang dilakukan oleh Big Data. Dengan Menggunakan Big Data perusahaan dapat mengetahui siapa saja yang membeli produknya, yang mana juga bisa membantu mereka untuk menentukan segmentasi pasar di masa depan. Perusahaan dapat mengumpulkan pengalaman serta beberapa informasi penggunaan pelangganya, baik itu dari laptop, ponsel pintar, tablet, dan lainnya. Singkatnya, big data tidak memiliki batasan bagi perusahaan untuk mengetahui segala tentang pelanggannya, 
2. Membuat strategi marketing yang efektif. dengan menggunakan big data, Perusahaan dapat membuat keputusan marketing yang lebih baik. Sebagai contoh big data dalam membuat strategi marketing, jika data performa perusahaan dipantau secara periodic menggunakan big data, informasi ini dapat menjadi wawasan untuk membuat strategi konten perusahaan. Dan big data juga dapat digunakan untuk memprediksi golongan masyarakat yang seperti apa dalam merespon strategi marketing yang diluncurkan oleh perusahaan. dalam kasus ini, big data memungkinkan perusahaan untuk mengetahui secara tepat siapa yang akan membeli produk mereka berdasarkan umur, suku, lokasi, dll. Selain itu Perusahaan juga dapat mengetahui apa yang mempengaruhi keputusan pelanggan dalam membeli. dengan memiliki semua informasi tersebut dan mampu menganalisanya dengan benar membuat perusahaan dapat menyampaikan pesan yang tepat kepada masyarakat agar mereka membeli produk yang dibuat perusahaan. Big data tidak hanya krusial bagi strategi marketing perusahaan, tetapi big data juga merevolusi marketing secara keseluruhan.
3. Memaksimalkan media sosial. Big data dapat digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi jika ada yang menyebut suatu nama produk atau perusahaan di internet, khususnya media sosial. Big data dapat menemukan apapun yang ditulis pelanggan di media sosialnya, baik tentang pengalaman positif maupun komplain, lalu menganalisa dari data tak terstruktur tersebut untuk mencari sebuah informasi yang berharga dan dapat digunakan perusahaan dalam membuat keputusan bisnis di masa depan. Mendapatkan keuntungan dari setiap platform media sosial yang relevan dengan bisnis perusahaan – baik itu Twitter, Instagram, Facebook, dan lainnya. Dengan mengenal cara pelanggan dan mengerti dalam hal bagaimana mereka berinteraksi di media sosial, perusahaan dapat menemukan cara yang lebih efektif dalam menyampaikan pesan dan pada akhirnya menjual produk yang sesuai minat pelanggan.

Masa Depan Big Data

Informasi bisa datang dari berbagai banyak sumber, dan platform yang mengedarkan informasi semakin hari semakin banyak juga. Di masa yang akan datang, dunia akan menghadapi masa di mana perusahaan-perusahaan yang ada, termasuk perusahaan kecil dan sedang, akan memindahkan produk, proses bisnis, dan informasi yang mereka miliki ke cloud. Big data juga akan mempengaruhi banyak industri di indonesia, bahkan membentuk industri yang ada.
( Disadur : https://kumparan.com/jack-bon/manfaat-big-data-bagi-bisnis-di-indonesia )