Aria Aolia Rachman – IT Application Lead, MIS Group

aria aolia r

Kak Aria adalah seorang Dynamics NAV Consultant, saat ini ia telah dikaruniai seorang putri, btw selamat ya kak untuk kelahiran putri pertamanya hehe, bukan hanya di dunia IT saja ternyata kak Aria ini seorang keyboardist dan pernah menjadi seorang additional player beberapa band lokal untuk manggung di beberapa event.

Yuk, mari kita simak sedikit cerita tentang kak Aria bagaimana ia menjadi seorang Dynamics NAV Consultant, dan bagaimana setiap tantangan yang dihadapinya.

  1. Halo Kak Aria lagi sibuk apa neh ?

Untuk saat ini lagi sibuk sibuknya nih, apalagi kita saat ini baru Go-live dari sistem lama ke sistem yang baru, pasti banyak user yang masih kurang paham juga.

  1. Ceritain dong awal masuk ke dunia Dynamics NAV ini ?

Pada saat tahun 2014 saya menerima tawaran kerja dari dosen pembimbing untuk bekerja di salah satu konsultan dijakarta, saat pertama masuk bekerja saya diberi kesempatan untuk mengerjakan project manufaktur dibatam hingga pindah ke konsultan lain dan saat ini berlabuh di MIS Group.

  1. Apa kesulitan saat awal masuk ke bidang ini?

Yang paling pertama kesulitannya adalah berinteraksi dengan user, apalagi dengan departemen diluar IT yang harus kita mengerti bahasa kerja mereka.

  1. Hal seperti apa yang biasanya Kak Aria lakukan kalo lagi ga moody, tetapi harus tetap melakukannya?

Jadi ya kalau lagi ga moody saya biasanya rehat, bisa jalan-jalan keluar dulu cari suasana segar. Sampai moodnya kembali lagi. Jika sampai selesai jam kerja moodnya belum muncul juga. Biasanya saya akan lanjut dikerjakan di rumah atau tempat lain yang suasananya lebih bagus.

  1. Bisa diceritakan bagaimana proses belajarnya hingga sampai seperti sekarang ini?

Pada saat kuliah di semester 6 saya diharuskan untuk mengajukan salah satu karya ilmiah, dari beberapa studi android & enkripsi yang saya ajukan semuanya ditolak oleh dosen pembimbing. Kemudian beliau merekomendasikan kepada saya untuk mencari tahu dan mempelajari tentang ERP, nah saat di semester 8, beliau mengajak saya untuk bergabung dan membangun salah satu lab baru tentang study ERP pada saat itu kita hanya beranggotakan 10 orang, perkembangannya pun berkembang sangat pesat dari ruangan kecil, sekarang sudah mempunyai gedung lab sendiri khusus ERP.

Dari waktu ke waktu sistem ERP semakin banyak diminati, pada saat itu saya diberi tawaran oleh dosen pembimbing saya untuk mengerjakan salah satu project manufaktur  di batam dan sistem ERP di universitas Gunadarma, kemudian setelah project itu selesai dosen pembimbing saya memperkenalkan saya dengan beberapa kenalanya sampai berpindah ke konsultan lain, dan saat ini berlabuh di MIS Group.

  1. Bagaimana cara kak Aria untuk mengikuti perkembangan Dynamics NAV ini ?

Untuk roadmapnya sendiri NAV itu sudah jelas, Dynamics NAV ini adalah salah satu software microsoft yang sudah banyak digunakan oleh perusahaan, selain itu dengan adanya forum Dynamics NAV itu sendiri memudahkan kita untuk diskusi, keuntungan dari NAV ini produknya bisa bertahan sampai 10 tahun.

  1. Bagaimana harapan Kak Aria tentang MIS Digital Transformation di era digital saat ini ?

Harapannya tentunya perubahan dari SDM nya, bukan hanya dari sistemnya saja, karena untuk digital transformation tidak hanya teknologinya saja yang berubah tetapi kesiapan SDM nya juga harus siap untuk digitalisasi, serta dapat melakukan perubahan yang bagus untuk mengejar ketinggalan.

  1. Apa saran untuk temen – teman yang ingin masuk ke dunia Dynamics NAV ?

Meu mengexplore hal hal baru, harus tekun, dan selalu belajar, selain itu mempunyai mentor juga akan sangat membantu dalam proses belajar,