Apa Pengertian dari Big Data ?

Big Data adalah kumpulan data yang begitu besar dan kompleks sehingga perangkat lunak aplikasi pemrosesan data tradisional tidak memadai untuk menghadapinya. Tantangan data besar termasuk menangkap data , penyimpanan data , analisis data ,pencarian, berbagi , transfer , visualisasi , query, pemutakhiran, privasi informasi dan sumber data.

Cukup sederhana, Big data mencerminkan dunia yang terus berubah tempat kita hidup. Semakin banyak hal berubah, semakin banyak perubahan yang ditangkap dan dicatat sebagai data. Ambil cuaca sebagai contoh. Untuk peramal cuaca, jumlah data yang dikumpulkan di seluruh dunia tentang kondisi lokal sangatlah penting. Logikanya, masuk akal bahwa lingkungan lokal mendikte efek regional dan efek regional mendikte efek global, tetapi bisa juga sebaliknya. Salah satu cara atau lainnya, data cuaca ini mencerminkan atribut Big data, di mana pemrosesan real-time diperlukan untuk sejumlah Big data, dan di mana sejumlah besar input dapat dihasilkan mesin, pengamatan pribadi atau kekuatan luar seperti bintik-bintik matahari.

Memproses informasi seperti ini menggambarkan mengapa Big data menjadi sangat penting:

  • Sebagian besar data yang dikumpulkan saat ini tidak terstruktur dan memerlukan penyimpanan dan pemrosesan yang berbeda yang ditemukan dalam database relasional tradisional.
  • Daya komputasi yang tersedia meroket, artinya ada lebih banyak peluang untuk memproses Big data.
  • Internet telah mendemokratisasi data, terus meningkatkan data yang tersedia sementara juga memproduksi lebih banyak data mentah.

Data dalam bentuk mentahnya tidaklah memiliki nilai. Data perlu diproses agar  menjadi berharga. Namun, di sinilah letak masalah yang melekat pada big data. Apakah memproses data dari format objek asli ke wawasan yang dapat digunakan senilai biaya modal besar untuk melakukannya? Atau apakah ada terlalu banyak data dengan nilai yang tidak diketahui untuk membenarkan pertaruhan pemrosesan dengan alat data besar? Sebagian besar dari kita akan setuju bahwa kemampuan untuk memprediksi cuaca akan memiliki nilai, pertanyaannya adalah apakah nilai itu dapat melebihi biaya mengolah semua data real-time ke dalam laporan cuaca yang dapat dihitung.

(disadur : https://www.techopedia.com/definition/27745/big-data)